Tips Mudik Mengunakan Kendaraan Pribadi

Idul fitri menjelang tiba, saatnya pulang kampung : mudik. Mudik merupakan tradisi tahunan para perantauan dan kaum urban yang dinanti-nantikan.

Pulang ke kampung halaman bersama keluarga saat hari raya idul fitri menjadi momen membahagiakan yang tak dimiliki oleh penduduk asli perkotaan. Mudik adalah kesempatan para perantau untuk melepas rindu, berkumpul bersama orang tua, sanak-saudara dan handai taulan di kampung halaman.

Baca : Lagu Selamat Hari Lebaran

Mudik merupakan tradisi bangsa yang unik, ada beragam pilihan cara menuju kampung halaman. Dengan transportasi umum atau pribadi. Melalui jalan darat, laut atau udara.

Biasanya jauh-jauh hari sebelumnya para urban telah merencanakan mudik berikut moda transportasi yang akan digunakan untuk mengantisipasi kenaikan harga tiket kendaraan umum seperti kereta api, bus, pesawat terbang dan kapal laut. Semakin dekat dengan hari raya harga tiket semakin melambung, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tiket di luar hari besar. Tanpa perencanaan jauh-jauh hari tak jarang calon pemudik harus kecewa karena kahabisan tiket.

Demi menekan ongkos transportasi dan menghindari kehabisan tiket, sekarang para pemudik lebih memilih menggunakan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

mudik menggunakan kendaraan pribadi, mudik dengannmobil pribadi, tips mudik

Memilih menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi, masing-masing memiliki nilai plus dan minus tersendiri. Beberapa orang berpendapat mudik menggunakan kendaraan pribadi memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan umum. Mulai dari resiko macet yang tidak terprediksi, resiko tersasar karena tidak hafal rute jalan, dan keselamatan jiwa saat berkendara.

Supaya mudik dengan kendaraan pribadi bisa berjalan dengan lancar, aman dan selamat sampai tujuan, perhatikan hal-hal yang harus Anda persiapkan.

Persiapan utama : Persiapan Fisik dan Kesehatan Saat Mudik.

Selain persiapan fisik dan kesehatan, cermati pula  tips mudik mengunakan kendaraan pribadi berikut ini :

1. Siapkan kendaraan. Karena hendak menempuh perjalanan dengan resiko tak terprediksi di jalan, periksa kendaraan anda ; baik mobil atau sepeda motor. Pastikan mesin, rem, oli, tekanan ban, dan lampu-lampu dalam kondisi laik jalan.

2. Jangan mengangkut penumpang atau barang diluar kapasitas kendaraan. Setiap kendaraan dirancang dengan beban toleransi maksimal tertentu. Demi keamanan dan keselamatan, jangan melebihi kapasitas maksimal penumpang. Jika mobil Anda memiliki kapasitas 5 orang jangan paksakan mengangkut 7 orang. Begitu pula saat mengedarai sepeda motor, jangan melebihi kapasitas 2 orang.

3. Siapkan bekal dan peralatan darurat seperti dongkrak, senter, pengukur tekanan ban, bohlam lampu cadangan, botol air radiator, GPS, powerbank, dan P3K. Jangan lupa bekal makanan dan minuman untuk antisipasi kemacetan.

4. Siapkan dokumen dan catatan penting seperti KTP, SIM, STNK, ATM, kartu BPJS. Meskipun telah tersimpan di telepon genggam buatlah buku catatan nomor telepon penting.

5. Siapkan uang tunai dan jangan lupa koin. Membawa uang tunai dalam jumlah banyak memang beresiko, namun untuk menghindari hal diluar perkiraan sebaiknya siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup. Perlu juga menyiapkan uang nominal kecil dan koin.

6. Patuhi rambu-rambu lalu lintas. Banyak kecelakaan diakibatkan oleh diabaikannya peringatan dan rabu-rambu lalu lintas. Oleh karena itu patuhilah rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan diri Anda.

Fakta di lapangan, kecelakaan yang terjadi selama masa mudik banyak disebabkan karena kelalaian pengendara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya Anda mengutamakan keselamatan saat memutuskan akan mudik dengan kendaraan pribadi.

Ingat, tidak perlu egois saat berkendara di jalan, lakukan persiapan yang baik agar mudik tahun ini aman, nyaman, lancar dan selamat hingga tujuan Anda.

Selamat mudik !
Sumber :
  • https://www.google.co.id/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/7-tips-mudik-aman-dengan-kendaraan-pribadi
  • https://cantik.tempo.co/read/news/2017/06/16/330885028/mudik-lebaran-pakai-mobil-pribadi-cek-daftar-persiapan-sopir
BERIKAN KOMENTAR ()